Banda Aceh – Innaalillahi wa Innaa Ilaihi Raajiun. Keluarga besar Dinas Syariat Islam Aceh berduka. Ustaz Ukhtiar (48), PNS pada dinas tersebut meninggal dunia di Ruang ICU Rumah Sakit Umum Daerah dr Zainoel Abidin (RSUDZA) Banda Aceh, meninggal dunia pada Jumat (2/2/2024). Ustaz Ukhtiar mengembuskan nafas terakhir setelah berjuang melawan kondisi kesehatan yang buruk dalam tiga hari terakhir.

Informasi yang diperoleh Serambinews.com, hubungan almarhum dengan Dinas Syariat Islam Aceh sudah berlangsung cukup lama. Ustaz Ukhtiar memulai kariernya dengan bertugas sebagai dai perbatasan dan wilayah terpencil pada tahun 2002 lalu, di mana kala itu genderang pelaksanaan syariat Islam pada tataran formil baru saja ditabuhkan. Ustaz Ukhtiar dengan penuh semangat mengarungi berbagai tantangan berdakwah di Kabupaten Aceh Singkil, daerah yang sangat jauh dari kampung halamannya, Kabupaten Bireuen.

Dalam menjalankan tugasnya di Aceh Singkil, Ustaz Ukhtiar dan keluarganya pernah beberapa kali mengalami gangguan dan ujian dalam berbagai bentuk yang dilakukan pihak-pihak yang tidak senang dengan menguatnya dakwah Islam di wilayah kerja almarhum saat itu.

Setelah menjadi pegawai negeri sipil (PNS) pada tahun 2014 lalu, ikatan batin Ustaz Ukhtiar dengan Dinas Syariat Islam Aceh semakin kuat. Pada tahun 2020, karena kebutuhan personel yang mendesak, almarhum dipanggil ke Banda Aceh untuk bekerja di dinas induk. Dengan penuh senyuman dan keramahan, Ustaz Ukhtiar mengemban tugas-tugas penting dinas, terutama penyiapan administrasi dan penyusunan anggaran pada Bidang Penyuluhan Agama Islam dan Tenaga Dai tanpa sedikit pun mengeluh.Hampir semua orang yang mengenal Ustaz Ukhtiar dapat dipastikan akan bersaksi tentang hal tersebut.

Pada Jumat (2/2/2024) hari ini, Ustaz Ukhtiar yang memiliki kepribadian yang sangat baik hati, ramah, bersahaja, dan tentunya sangat religius, sudah dipanggil oleh Allah SWT. Keluarga besar Dinas Syariat Islam Aceh bersaksi bahwa almarhum adalah hamba Allah yang taat dan mudah-mudahan diberikan ganjaran Surga oleh Allah SWT di akhirat kelak.

“Selamat jalan Ustaz Ukhtiar, kami akan senatiasa mengenang dan mendoakanmu. Berbahagialah di sana, di sisi Allah SWT. Aamiin,” ungkap seorang sahabat almarhum di Dinas Syariat Islam Aceh. (Serambinews