-->

Notification

×

Iklan

Iklan

Indeks Berita

Tag Terpopuler

Peserta Parade Kebaya Nusantara Bakal Unjuk Kebolehan di Lokasi CFD Banda Aceh 21 Juli 2004

Kamis, 18 Juli 2024 | 02.25 WIB | Last Updated 2024-07-18T09:26:02Z
BANDA ACEH - Puluhan peserta bakal unjuk kebolehan di atas catwalk pada ajang peragaan busana keanggunan wanita dalam balutan kebaya dan batik tenun Aceh dalam rangka Hari Kebaya Nasional yang diperingati setiap 24 Juli.

Untuk tahun ini, peragaan busana khas nusantara itu mengambil tema "Pesona Batik dan Tenun Aceh dengan Kebaya" digelar di lokasi Car Free Day (CFD) Banda Aceh, Minggu (24/7/2024).

Ketua Perempuan Indonesia Maju (PIM) Aceh Prof Adjunct Dr Marniati MKes yang memprakarsai kegiatan ini mengatakan kegiatan Parade Kebaya Nusantara 2024 tersebut sekaligus menjadi ajang memperkenalkan batik tenun Aceh dengan Kebaya ke kancah nasional dan internasional.

Diharapkan puluhan peserta akan ikut ambil bagian pada ajang tersebut dengan peserta berumur di atas 18 tahun.

Dr Marniati menyebutkan Tenun Aceh merupakan tenun tua yang sudah ada berabad-abad lalu. Tak hanya sekadar kerajinan tangan, motif-motif itu diciptakan untuk menjelaskan falsafah hidup masyarakat Aceh. 

"Tenun Aceh atau yang lebih dikenal songket Aceh merupakan salah satu jenis kain tenun tua yang dikenal memiliki corak yang khas," ujarnya.

Disebutkan kain khas Aceh atau dikenal dengan Songket Aceh identik dengan motif berdasarkan sejarah dan cerita kebudayaan yang cukup umum di masyarakat. Selain itu, katanya, salah satu keunikan kain Tenun Aceh atau Songket Aceh adalah memiliki gemerlap dengan tampilan warna, corak, dan kilauan emas yang terpancar dari tenun yang dipakainya.
Batik Tenun Aceh tidak kalah bersaing dengan batik-batik di luar Aceh, dan nanti di kegiatan ini akan kita buktikan kalau batik Tenun Aceh dapat bersaing dengan batik lainnya di nusantara, sebut rektor Universitas Ubudiyah Indonesia itu.

Sementara itu, tokoh perempuan Aceh Dra Hj Zulhafah MSi menyambut baik kegiatan Parade Kebaya Nusantara 2024 yang dilaksanakan Perempuan Indonesia Maju Mandiri Aceh (PIMM) Aceh dalam rangka Hari Kebaya Nasional.

Ini kegiatan yang sangat bagus apalagi mengangkat tema 'Pesona Batik dan Tenun Aceh dengan Kebaya' secara langsung telah mempromosikan batik tenun Aceh," ujarnya.

Zulhafah menambahkan batik tenun Aceh sangat spesial dan mempunyai motif yang berbeda.

Datang, lihat dan bandingkan kualitas batik tenun Aceh dengan jenis batik lain di berbagai daerah di nusantara," tutup Zulhafah yang juga salah satu pengurus PIMM Aceh.

Kegiatan peragaan busana kebaya dan batik tenun Aceh tersebut akan berlangsung pada 21 Juli 2024 di lokasi Car Free Day (CFD) Banda Aceh.

Ketua Panitia Kegiatan Hari Kebaya Nusantara Pocut Andi Nurul Iskandar S Sos mengatakan Parade Kebaya Nusantara terbuka untuk umum dengan peserta dari umur 18 tahun ke atas.

Setiap peserta dikenakan uang pendaftaran Rp 50 ribu dengan memperebutkan berbagai hadiah menarik yang disediakan panitia.

Bagi peserta yang berminat dapat mendaftarkan diri pada panitia dengan menghubungi nomor kontak: 081269423233 (Cut Oenyak) dan 081377201911 (Ken Endah).

Menurut rencana kegiatan ini akan dibuka langsung oleh Ketua PKK Aceh Mellani Subarni.(*)
close